Tentang Search Engine Optimization Atau SEO

Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang langkah-langkah yang harus anda persiapkan untuk membuat sebuah blog. Nah artikel ini juga akan berguna bila anda sudah membuat blog, kenapa demikian? karena jika anda sudah mempunyai blog maka anda harus siap untuk belajar tentang SEO. 

Search Engine Optimization atau biasanya sering disebut SEO, memang sudah tidak asing lagi bagi para pemilik situs maupun blog personal yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging maupun web design. Sering kita mendengar ataupun melihat situs-situs yang berpage tinggi yang memiliki kekuatan untuk menduduki peringkat pertama di mesin pencarian baik itu google, bing dan lain sebagainya dengan kata-kata kunci tertentu. Nah hal tersebut memang tidak luput dari optimasi yang dilakukan oleh sang pemilik situs untuk menerapkan SEO pada situs ataupun blog tersebut. Semakin baik dalam mengoptimasi blog maka semakin baik pula blog atau situs tersebut di Peringkat Search Engine.

Bagaimana cara penerapan SEO yang benar? Sebelum saya menjawab hal tersebut maka saya tekankan bahwa di sini saya bukanlah ahli dalam SEO tetapi apa yang sudah saya dapatkan dan saya pelajari selama ini maka saya berkeinginan untuk mengshare atau berbagi pada sesama. Mungkin anda akan melihat bahwa umur blog ini masih baru dan belum mencapai satu bulan penuh dan jika artikel ini salah maka saya harapkan untuk tidak mengikuti apa yang saya postingkan. Nah untuk cara dalam penerapan SEO ini saya biasanya mulai dari Template apa yang akan saya gunakan dan sudah SEO kah atau belum 100% SEO. Kenapa harus template? saya berfikir jika template sudah SEO maka kerja optimasi yang akan dilakukan selanjutnya lebih ringan dan mudah dalam penerapan dasar. Karena pada template SEO biasanya sudah tersedianya struktur meta tag yang SEO, Judul blog pada setiap halaman, deskripsi blog dan lain sebagainya yang sudah di setting agar nantinya blog anda dapat terindeks lebih cepat dengan adanya template SEO dan responsive ini. Namun hal tersebut belum menjamin ke SEOan blog anda jika anda tidak mengecek lagi struktur html didalamnya berupa meta tag, title tag dan header tag yang SEO

Ada dua faktor-faktor SEO dasar yang menjadi nilai dalam mesin pencarian seperti google. Petrtama adalah faktor yang terdapat didalam blog kamu sendiri yang biasanya disebut dengan Onpage SEO dan yang kedua tentu faktor OffPage SEO.

Apa Itu SEO Onpage dan Off Page?

SEO OnPage adalah optimasi yang dilakukan didalam blog anda atau optimasi yang dilakukan terhadap struktur blog seperti template, Meta Tag, Keyword dan deskripsi dari blog, Artikel, Javascripts dan Header. Sedangkan untuk Off Page itu sendiri adalah kebalikan dari SEO On Page yaitu optimasi yang dilakukan di luar blog seperti membangun backlink yang berkualitas, memperbanyak inbound link, Memperbanyak link building baik dengan directori/social bookmark, blogwalking, ataupun bertukar link dengan blog lain yang memiliki trafik tinggi.

Secara garis besar penerapan SEO akan meningkatkan kualitas blog anda di mesin pencarian seperti google dan ini merupakan satu tujuan yang dapat membuat posisi anda di peringkat pertama pada kata kunci tentu.

Penerapan SEO ini banyak terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh sebagian blogger pemula contohnya adalah seperti saya ini guys....... : ) Namun hal itu justru membuat saya semakin mantap bagaimana saya mengetahui tentang baik dan buruknya optimasi yang saya terapkan di blog saya. Untuk masalah penerapan SEO ini jangan pernah anda ragu untuk mencoba di blog anda dan sebagaimana yang sudah saya pelajari cobalah anda membuat satu blog yang khusus untuk anda utak-atik tentang bagaimana anda menerapkan SEO untuk pembelajaran anda. Jika SEO yang anda terapkan tepat dan dapat meningkatkan trafik pengunjung anda maka barulah anda terapkan di blog yang ingin anda tingkatkan.

Demikian artikel kali ini tentang belajar SEO  dan terima kasih sudah membaca artikel mengenal tentang Search Engine Optimization Atau SEO




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top