Tips Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi Secara Manual

Koneksi nirkabel WiFi yang buruk bisa membuat orang merasa tertekan. Terutama jika internet telah menjadi bagian hidup sehari-hari, mulai dari hiburan sampai soal pekerjaan dan bisnis.

Namun anda bisa tidak perlu panik jika koneksi WiFi di rumah anda mendadak terhambat. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek router yang anda gunakan. Pasalnya, mulai dari posisi sampai pengaturan router ini akan berpengaruh pada sinyal kuat atau tidaknya router tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi ataupun tips-tips yang dapat anda coba bila WiFi anda mengalami hal tersebut. Ada beberapa langkah disaat anda mengecek router anda, langkah-langkah sederhana ini saya ambil dari sumber KompasTekno dari Vox, Jumat(9/1).

Berikut Tips bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi Secara Manual dibawah ini.

1. Mengecek Posisi Router

Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah oleh karena itu, sebaiknya anda meletakkan router anda pada lokasi yang strategis ataupun di tengah ruangan kerja anda. Bila router anda letakan pada ruangan yang berdekatan dengan jendela maka sinyal yang akan dipancarkan akan keluar dari area rumah anda dan membuat sinyal tersebut tidak 100% bagus untuk jaringan internet anda diseluruh ruangan rumah anda.

2. Atur Antena Agar Berdiri

Penempatan pada dudukan antena adalah hal yang berpengaruh pada kekuatan sinyal dari pancaran router anda. Atur antena router berada pada posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sihingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

3. Jangan Meletakan Router Dilantai

Meletakan router ditempat yang tinggi, misalnya meja ataupun lemari. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton, dan logam yang sulit tembus oleh sinyal WiFi.

4. Meletakan Router Pada Tempat Khusus

Meletakan router pada tempat yang khusus ini adalah pada tempat yang mudah anda jangkau atau tempat yang berdekatan dengan ruangan kerja anda ataupun anda menaruhnya disebelah tempat anda bekerja atau menggunakan internet.

5. Pilih Tempat Terbuka

Ada Tahukah anda bahan-bahan yang bisa menghambat ataupun menyerap sinyal router dan dapat mengurangi kinerjanya. Bahan-bahan ini seperi mebel yang berukuran besar, lapisan dinding yang berlapis, barang elektronik seperti antena wajan bolic, tv, telepon nirkabel, microwave maupun lemari. pastikan jika anda meletakan router jangan berhimpitan ataupun letakan router tersebut bebas dari himpitan dari bahan-bahan tersebut.

6. Cek Kekuatan Sinyal

Ada sejumlah aplikasi, seperti Cloudcheck atau Amped yang dapat anda gunakan untuk keperluan pengecekan simyal router anda. Pada saat anda mengecek sinyal, anda bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan pada bagian mana yang menerima sinyal lemah.

7. Mengatur Piranti Lunak Pada Router

Tentu saja anda juga bisa mengatur kecepatan WiFi Anda dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router anda yaitu melalui IP khusus. Pada menu pengaturan ubahlah channel frekwensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik bisasanya 1, 6, dan 11. Selain pengaturan channel, cek juga permutakhiran firmware. Pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkat.

Nah dari ketujuh tips ini mungkin akan berguna apabila anda mengalami penghambatan jaringan sinyal router anda. Namun jika pemakaian router anda sudah lama dan masalah ini sering terjadi maka jalan terakhir adalah membeli router baru.

Demikian artikel ini saya buat dan terima kasih sudah membaca artikel tentang Tips  Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi Secara Manual.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top