Inilah langkah-langkah yang harus anda persiapkan membuat blog


Tentunya jika anda ingin membuat sebuah blog anda harus wajib mempunyai yang namanya Email. Nah pada artikel ini kebetulan saya akan membuat sebuah blog dengan platform blogspot/blogger.com. Blogger atau biasa disebut dengan blogspot sangat banyak digunakan oleh kalangan pemula sebagai tempat untuk belajar membuat sebuah blog serta optimasi lain sebagainya. Kemudahan dalam mengakses navigasi yang terdapat pada dashboar blogger yang mudah dimengerti oleh kalangan pemula terutama dalam hal pembuatan entri baru atau postingan baru serta banyak situs yang membuat tutorial-tutorial cara bagaimana mengoptimasikan blog anda dengan baik dan benar yang semakin dapat memudahkan anda dalam mendalami tentang kekurangan blog anda. Banyak platform yang menyediakan layanan gratis dalam membuat sebuah blog seperti wordpress, joomla, tumblr dan lain sebagainya. Namun agar artikel ini mudah untuk anda pahami sekalian saya menarget postingan ini untuk kalangan pemula maka saya akan memberikan langkah-langkah untuk membuat sebuah blog di blogspot/blogger.com.

Artikel ini bukanlah sebuah tutorial membuat blog tetapi artikel hanyalah langkah-langkah nya saja bagaimana membuat sebuah blog dengan proses-proses apa saja yang selanjutnya anda lakukan setelah membuat blog. Masih binggung ? Simak saja dan anda pasti akan mengerti setelah anda membacanya.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat sebuah blog :


  • Langkah Pertama adalah menyiapkan sebuah email dari google mail atau gmail.
  • Langkah Kedua adalah buat blog anda di situs blogger.com sampai tahap anda sudah mempunyai url blog anda/alamat blog anda dan nama blog anda di blogger. saran saya gunakan dulu template bawaan dari blogger.com agar mudah untuk anda mendaftarkan blog anda ke feedburner
  • Langkah Ketiga adalah optimasi blog anda. Caranya adalah buka dasboar blog anda dan klik pada setelan kemudian lihat pada pada setelan tepat dibawahnya terdapat kategori setelan dasar maka disitu akan ada sebuah from tentang deskripsi dari blog anda tepatnya dibawah judul, Nah tugas kamu disini adalah mengisikan deskripsi blog anda sesuai dengan judul atau tema blog anda seperti situs yang memberikan tips dan info yang dapat mendidik dan berguna bagi anda yang membacanya. Kemudian anda lanjutkan pada kategori setelan preferensi penelusuran klik edit dan isikan META TAG blog anda seperti situs yang memberikan tips dan info yang dapat mendidik dan berguna. Jangan lupa untuk simpan perubahan.
  • Langkah Keempat adalah nah setelah anda mengoptimasi pada bagian setelan seperti diatas maka sekarang yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan blog anda di situs-situs yang memberikan kemudahan untuk artikel anda cepat terindeks oleh mesin pencarian seperti situs-situs dibawah ini:
  1. Feedburner
  2. Google Webmaster tools
  3. Bing Webmaster tools 
  • Untuk tutorial dan tips bagaimana menskronisasikan blog anda ke situs diatas tidak saya jelaskan di artikel ini, namun untuk penjelasan singkat akan saya buat kan penjelasan dan manfaat terhadap blog anda jika anda mendaftarkan blog anda di situs-situs tersebut.
  1. Feedburner.com merupakan layanan gratis dari google untuk meningkatkan trafik pengunjung untuk blog anda khususnya bagi pembaca tetap ataupun mengoptimalkan iklan seperti iklan adsense.  
  2. Google Webmaster Tools adalah fasilitas yang diberikan google untuk mempermudah dalam penggunaan situs atau mengamati situs anda dalam ruang lingkup search engine dan memberikan informasi bagaimana google merayapi situs anda, mengindeks serta memberitahukan masalah terhadap blog anda. Hebatnya lagi tools-tools yang diberikan oleh google webmaster tools dapat memberikan rincian dari blog atau situs sobat seperti top search keyword blog sobat, indeks keyword, kesehatan blog sobat, dominasi keyword, broken link, crowl error, dan lain sebagainya. Biasanya agar google dapat merayapi dan mengindeks blog anda secara menyeluruh anda dapat menambahkan sitemap blog anda di google webmaster tools.
  3. Untuk Bing Webmaster Tools kurang lebih sama seperti google webmaster tools namun tools yang disediakan oleh bing lebih mendalam seperti anda bisa mengecek situs anda seperti headers, meta tag, seo dan lain-lain. Namun situs pencarian bing kurang populer seperti google, walaupun begitu anda dapat memanfaatkan trafik dari bing webmaster tools ini kan.
  • Langkah Kelima ini sebaiknya anda jalankan jika langkah-langkah diatas sudah anda terapkan di blog anda yaitu menyiapkan artikel yang berkualitas jika anda minat dengan yang namanya dollar dari google adsense.  Nah jika masih belajar, anda bisa membuat artikel yang seadanya saja. baiknya buat artikel dengan minimal 300 kata dan didalam artikel anda, sisipkan link yang menuju artikel yang anda buat maksimal 2 link. Contohnya jika anda mengklik link ini Langkah Yang Harus Anda Persiapkan Membuat Blog maka artikel saya ini akan mereload ulang dengan membuka tab baru, coba dan anda pasti akan mengerti. Jangan lupa optimasikan kata-kata kunci blog anda.
Oke sobat sampai disini mungkin anda masih bingung kan? namun hal ini akan terasa biasa jika anda melakukannya secara berlahan. Kunci utamanya adalah terus belajar dan langsung mempraktekannya. Error n trial biasa dialami blogger pemula namun hal tersebut akan terus berkembang  jika anda rajin belajar seperti saya ini sob. Bisa karena sudah terbiasa . Terima kasih telah mebaca artikel ini. Rekomendasi saya jika ingin cepat menjadi blogger pro adalah belajar dari dua arah yaitu darisitus-situs yang memberikan panduan gratis balajar ngeblog dan dari youtube atau video. Mungkin anda akan cepat mengerti.


Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top